Senin, 19 April 2010

MENGANALISA PERUSAHAAN (TUGAS SOFT SKILL) PANDUAN ANALISA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERUSAHAAN TIGARAKSA INDONESIA Sejarah singkat

Sejarah Singkat
Sejarah bisnis distribusi Tigaraksa benar-benar dimulai pada tahun 1967. Waktu itu, PT Tigaraksa (mantan perusahaan induk PT Tigaraksa Satria Tbk) yang merintis bisnis distribusi selama 19 tahun. Pada tahun 1987, para pemegang saham PT Tigaraksa memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan baru yang terpisah khusus dalam penjualan dan bisnis distribusi yaitu PT Tigaraksa Satria yang kemudian pada tahun 1990 menjadi perusahaan publik dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya.

Core Business
Setelah sekitar 17 tahun pengalaman dalam penjualan dan perusahaan distribusi, PT Tigaraksa Satria Tbk. ("Tigaraksa") dikenal sebagai salah satu dari Penjualan nasional terkemuka dan Perusahaan Distribusi di Indonesia. Tigaraksa mendistribusikan berbagai macam produk konsumen yang bergerak cepat termasuk produk susu bayi, makanan dan minuman, perawatan tubuh dan produk rumah perawatan. Tigaraksa memiliki 15 kantor cabang dan 4 depot pasar di seluruh Republik Indonesia, lebih dari 50 merek terkenal produk konsumen dan memiliki sekitar 800 karyawan nasional. Rincian bisnis inti Perusahaan penjualan dan distribusi dapat ditemukan di bagian Penjualan dan Distribusi dari situs ini. http://www.tigaraksa.co.id

Bisnis Lainnya
Selain dari inti utama bisnis Penjualan dan Distribusi, Tigaraksa juga telah terkenal dari perusahaan Direct Selling - TOP Divisi Buku yang berkomitmen untuk mendistribusikan buku-buku pendidikan anak-anak yang berkualitas tinggi. Anda dapat menemukan semua informasi pada divisi penjualan langsung produk kami termasuk dalam Direct Selling - TOP Book Divisi bagian situs ini. Perseroan juga telah memperluas bisnisnya untuk menawarkan kualitas yang luar biasa merek sendiri dan membentuk beberapa anak perusahaan yang memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan kompor gas dan menyediakan jasa isi ulang gas. Baca semua tentang merek kita sendiri dan anak pada bagian Bisnis lainnya dari situs ini
.
System yang digunakan
Tigaraksa memfokuskan diri untuk membangun dan mengembangkan hubungan yang terintegrasi dengan mitra bisnisnya, terutama para prinsipal. Untuk mengatasi dengan harapan konsumen dan dalam rangka mencapai target rencana bisnis, Tigaraksa terus desain, menawarkan dan menyediakan layanan yang memenuhi harapan perusahaan menengah dan permintaan pelanggan dan akhir.
Dalam hal informasi dan teknologi, pada tahun 2003, Tigaraksa memulai penerapan sistem TI terintegrasi dengan menggunakan Enterprise Resource Planing System (ERP) software SAP, sebagai sistem utama.

Penerapan sistem TI selesai dan telah beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2004. Penerapan sistem TI terpadu (SAP) menyediakan Tigaraksa dengan manfaat sebagai berikut:

Tigaraksa juga menerapkan sistem Scylla, fasilitas IT yang dibutuhkan oleh sub-distributor untuk penjualan dan manajemen distribusi. link sistem Scylla langsung dengan sistem tersebut Tigaraksa TI, karena itu, manajemen dapat memperoleh penjualan dan distribusi informasi (sampai tingkat outlet) pada waktu yang sama untuk analisis dan pembuatan keputusan.

Melanjutkan keberhasilan implementasi sistem TI, Tigaraksa terus mengembangkan dan mengoptimalkan pemanfaatan sistem TI, melalui pembentukan Sistem Informasi Eksekutif (EIS), implementasi ABC / M (Activity Based Costing / Management), pelaksanaan Auto Online & Pengaturan Sistem PO, dan Penjualan Rolling Forecast (Sales ROFO) dan Peramalan Detil 6-Bulan.



Pada pertengahan 2005, Tigaraksa meluncurkan sebuah Sistem Informasi Eksekutif, fasilitas yang memberikan akses ke beberapa informasi penting dan update data tertentu tingkat layanan yaitu dari Account dan posisi saham. Kami juga telah menerapkan On-Line & Auto Pengurutan Sistem PO untuk account yang dipilih perdagangan modern seperti Alfamart, Indomaret dan Indogrosir. Silakan lihat bagian kami Berusaha Untuk Excellence untuk informasi lebih lanjut tentang inovasi terbaru kami.

0 komentar:

Posting Komentar