Rabu, 21 April 2010

Makalah 3G

3G (dibaca: triji) adalah singkatan dari istilah dalam bahasa Inggris: third-generation technology yang merupakan sebuah standar yang digunakan oleh telepon selular versi yang ketiga. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel. Melalui 3G, pengguna telepon selular dapat memiliki akses cepat ke internet sampai 348 kilobit setiap detik ketika alat tersebut berada pada kondisi diam atau bergerak secepat pejalan kaki.. Akses yang cepat ini merupakan andalan dari 3G yang tentunya mampu memberikan fasilitas yang beragam pada pengguna seperti menonton video secara langsung dari internet atau berbicara dengan orang lain menggunakan video.

Sejarah 3G
Pada dasarnya perkembangan teknologi komunikasi ini disebabkan oleh keinginan untuk selalu memperbaiki kinerja, kemampuan dan efisiensi dari teknologi generasi sebelumnya. Ada pun perkembangan teknologi nirkabel dapat dirangkum sebagai berikut:
1. Generasi pertama: analog, kecepatan rendah (low-speed), cukup untuk suara. Contoh: NMT (Nordic Mobile Telephone) dan AMPS (Analog Mobile Phone System)
Dimulai pada awal 1980-an sebagai bagian komersil dari AMPS. Menggunakan format FDMA (Frequency Division Multiple Access) yang membawa suara analog sebesar 800 MHz pita frekuensi.
2. Generasi kedua: digital, kecepatan rendah - menengah. Contoh: GSM dan CDMA2000 1xRTT
Berkembang di awal 1990-an saat operator seluler mengeluarkan 2 macam standar suara digital, GSM dan CDMA, dimana GSM menggunakan sistem TDMA (Time Division Multiple Access) yang mampu mengirimkan panggilan sampai 8 saluran di pita 900 dan 1800 MHz, sedangkan CDMA sendiri adalah singkatan dari (Code Division Multiple Access) yang mampu mengirimkan sinyal panggilan sampai 16 saluran di pita frekuensi 800 MHz.
3. Generasi ketiga: digital, kecepatan tinggi (high-speed), untuk pita lebar (broadband). Contoh: W
CDMA (atau dikenal juga dengan UMTS) dan CDMA2000 1xEV-DO.
3G merupakan terobosan dalam pengiriman paket data yang memungkinkan berbagai aplikasi jaringan diterapkan. Dengan kata lain, 3G menghadirkan sebuah perubahan evolusioner dalam kecepatan pemindahan data.

Definisi
International Telecommunication Union (ITU) pada tahun 1999 telah mengeluarkan standar yang dikenal sebagai IMT-2000 (International Mobile Telecommunications-2000) yang meliputi GSM, EDGE, UMTS, CDMA, DECT dan WiMAX, dimana 3G berada di bawah standar IMT-2000 tersebut. Secara umum, ITU, sebagaimana dikutip oleh FCC mendefinisikan 3G sebagai sebuah solusi nirkabel yang bisa memberikan kecepatan akses:
• Sebesar 144 Kbps untuk kondisi bergerak cepat.
• Sebesar 384 Kbps untuk kondisi bergerak.
• Paling sedikit sebesar 2 Mbps untuk kondisi statik atau pengguna stasioner.
Teknologi 3G
Teknologi 3G terbagi menjadi GSM dan CDMA. Teknologi 3G sering disebut dengan [[Mobile broadband]] karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang dapat dibawa ke mana saja.
Keberhasilan layanan 3 G di Eropa dan Jepang ini disebabkan oleh faktor:
1. Dukungan pemerintah. Pemerintah Jepang tidak mengenakan biaya di muka (upfront fee) atas penggunaan lisensi spektrum 3G atas operator-operator di Jepang (ada tiga operator: NTT Docomo, KDDI dan Vodafone). Sedangkan pemerintah Korea Selatan, walau pun mengenakan biaya di muka, memberikan insentif dan bantuan dalam pengembangan nirkabel pita lebar (Korea Selatan adalah negara yang menggunakan Cisco Gigabit Switch Router terbanyak di dunia) sebagai bagian dalam strategi pengembangan infrastruktur.
2. Kultur masyarakatnya. Layanan [[video call]], yang diramal menjadi killer application tidak terlalu banyak digunakan di kedua negara tersebut. Namun, layanan seperti download music dan akses Internet sangat digemari. Operator seperti NTT Docomo (Jepang) memberikan layanan Chaku Uta untuk download music. Sedangkan di Korea, layanan [[web presence]] seperti Cyworld yang diberikan oleh SK Tel, sangat digemari. Dengan layanan ini, pelanggan bisa mengambil foto dari handset dan langsung memuatnya ke web portal miliknya di Cyworld. Layanan ini kemudian ditiru oleh Flickr dengan handset N73.
3. Keragaman layanan konten. Docomo dan SKTel tidak menggunakan WAP standar sebagai layanan konten nya. Docomo mengembangkan aplikasi browser yang disebut iMode, sedangkan SKTel mempunyai June dan Nate.

Perkembangan 3G
Standar IMT-2000 menerapkan 2 macam evolusi ke 3G, yaitu: 1. dari 2G CDMA standard IS-95 (cdmaOne) ke IMT-SC (cdma2000). 2. dari 2G TDMA standars (GSM/IS-136) ke IMT-SC (EDGE).
Ini adalah standar IMT-2000 yang memerlukan alokasi spktrum yang baru, sebagai contoh IMT-DS (W-CDMA) karena saluran yang diperlukan cukup luas (5MHz), dan TMT-TC (TD-SCDMA/UTRA TDD) ditambah dengan IMT-FT (DECT) karena memerlukan frekuensi TDD.

Kemajuan 3G
Secara evolusioner teknologi 3G telah dikembangkan menjadi 3.5G melalui peningkatan kecepatan transmisi data dengan teknologi berbasis HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access).
Belakangan ini industri nirkabel mulai mengembangkan teknologi 4G, meskipun sebenarnya teknologi 4G ini seperti Long Term Evolution (LTE) hanya merupakan evolusi dari teknologi 3GPP dan Ultra Mobile Broadband (UMB) berasal dari 3GPP2, sehingga sulit untuk membedakan dengan jelas teknologi 3G dan 4 G. Salah satu teknologi 4G yaitu WiMax mobile standard telah diterima oleh ITU untuk ditambahkan pada IMT-2000, sehingga teknologi baru ini masih digolongkan ke dalam keluarga 3G. International Telecommunication Union (ITU) sedang mempelajari kemampuan mobile broadband yang disebut IMT-advanced yang disebut teknologi generasi keempat (4G).







Gambar: Hand phone 3G

Kelebihan dan kekurangan 3G di Indonesia
Kelebihan dari iPhone 3G ini diantaranya adalah :
1. Disain yang menawan
2. Interaksi sentuh yang unik berhasil menghadirkan nuansa fun pada produk ini
3. Fitur multimedia yang sempurna
4. Fitur lumayan lengkap dengan adanya GPS.3G HSDPA, iPod, WIFI
5. Memori sangat besar 8Gb dan 16Gb
6. Kaca layar anti gores
Kelemahan iPhone 3G
1. Harga sangat mahal antara 9 sampai 11 juta
2. Dikunci operator
3. Transfer file musik sangat sulit bagi yang tidak terbiasa
4. Harus punya akun iTunes untuk download aplikasi gratis
5. Baterai tidak bisa diganti sendiri
6. Selain itu Bluetooth yang ada di iPhone tidak bisa difungsikan untuk mengirim lagu.

Sumber: azheps13.blogspot.com, id.wikipedia.org
Read More ->>

Senin, 19 April 2010

MENGANALISA PERUSAHAAN (TUGAS SOFT SKILL) PANDUAN ANALISA SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PERUSAHAAN TIGARAKSA INDONESIA Sejarah singkat

Sejarah Singkat
Sejarah bisnis distribusi Tigaraksa benar-benar dimulai pada tahun 1967. Waktu itu, PT Tigaraksa (mantan perusahaan induk PT Tigaraksa Satria Tbk) yang merintis bisnis distribusi selama 19 tahun. Pada tahun 1987, para pemegang saham PT Tigaraksa memutuskan untuk mendirikan sebuah perusahaan baru yang terpisah khusus dalam penjualan dan bisnis distribusi yaitu PT Tigaraksa Satria yang kemudian pada tahun 1990 menjadi perusahaan publik dan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Surabaya.

Core Business
Setelah sekitar 17 tahun pengalaman dalam penjualan dan perusahaan distribusi, PT Tigaraksa Satria Tbk. ("Tigaraksa") dikenal sebagai salah satu dari Penjualan nasional terkemuka dan Perusahaan Distribusi di Indonesia. Tigaraksa mendistribusikan berbagai macam produk konsumen yang bergerak cepat termasuk produk susu bayi, makanan dan minuman, perawatan tubuh dan produk rumah perawatan. Tigaraksa memiliki 15 kantor cabang dan 4 depot pasar di seluruh Republik Indonesia, lebih dari 50 merek terkenal produk konsumen dan memiliki sekitar 800 karyawan nasional. Rincian bisnis inti Perusahaan penjualan dan distribusi dapat ditemukan di bagian Penjualan dan Distribusi dari situs ini. http://www.tigaraksa.co.id

Bisnis Lainnya
Selain dari inti utama bisnis Penjualan dan Distribusi, Tigaraksa juga telah terkenal dari perusahaan Direct Selling - TOP Divisi Buku yang berkomitmen untuk mendistribusikan buku-buku pendidikan anak-anak yang berkualitas tinggi. Anda dapat menemukan semua informasi pada divisi penjualan langsung produk kami termasuk dalam Direct Selling - TOP Book Divisi bagian situs ini. Perseroan juga telah memperluas bisnisnya untuk menawarkan kualitas yang luar biasa merek sendiri dan membentuk beberapa anak perusahaan yang memproduksi, memasarkan dan mendistribusikan kompor gas dan menyediakan jasa isi ulang gas. Baca semua tentang merek kita sendiri dan anak pada bagian Bisnis lainnya dari situs ini
.
System yang digunakan
Tigaraksa memfokuskan diri untuk membangun dan mengembangkan hubungan yang terintegrasi dengan mitra bisnisnya, terutama para prinsipal. Untuk mengatasi dengan harapan konsumen dan dalam rangka mencapai target rencana bisnis, Tigaraksa terus desain, menawarkan dan menyediakan layanan yang memenuhi harapan perusahaan menengah dan permintaan pelanggan dan akhir.
Dalam hal informasi dan teknologi, pada tahun 2003, Tigaraksa memulai penerapan sistem TI terintegrasi dengan menggunakan Enterprise Resource Planing System (ERP) software SAP, sebagai sistem utama.

Penerapan sistem TI selesai dan telah beroperasi secara penuh pada akhir tahun 2004. Penerapan sistem TI terpadu (SAP) menyediakan Tigaraksa dengan manfaat sebagai berikut:

Tigaraksa juga menerapkan sistem Scylla, fasilitas IT yang dibutuhkan oleh sub-distributor untuk penjualan dan manajemen distribusi. link sistem Scylla langsung dengan sistem tersebut Tigaraksa TI, karena itu, manajemen dapat memperoleh penjualan dan distribusi informasi (sampai tingkat outlet) pada waktu yang sama untuk analisis dan pembuatan keputusan.

Melanjutkan keberhasilan implementasi sistem TI, Tigaraksa terus mengembangkan dan mengoptimalkan pemanfaatan sistem TI, melalui pembentukan Sistem Informasi Eksekutif (EIS), implementasi ABC / M (Activity Based Costing / Management), pelaksanaan Auto Online & Pengaturan Sistem PO, dan Penjualan Rolling Forecast (Sales ROFO) dan Peramalan Detil 6-Bulan.



Pada pertengahan 2005, Tigaraksa meluncurkan sebuah Sistem Informasi Eksekutif, fasilitas yang memberikan akses ke beberapa informasi penting dan update data tertentu tingkat layanan yaitu dari Account dan posisi saham. Kami juga telah menerapkan On-Line & Auto Pengurutan Sistem PO untuk account yang dipilih perdagangan modern seperti Alfamart, Indomaret dan Indogrosir. Silakan lihat bagian kami Berusaha Untuk Excellence untuk informasi lebih lanjut tentang inovasi terbaru kami.
Read More ->>